Memilih Model Ventilasi Rumah Minimalis

Desainrumahku.net - Ventisasi merupakan salah satu kebutuhan dari rumah Anda. Melengkapinya menjadi hal yang penting untuk diperhatikan oleh penghuni rumah. Ini karena selain untuk mempercantik rumah Anda, fungsi utama dari ventilasi yaitu untuk kesehatan berupa pengaturan sirkulasi udara yang baik. Fungsi sampingan berupa faktor kenyamanan yang perlu ada dalam setiap rumah. Dengan adanya ventilasi akan membuat rumah Anda menjadi lebih terang karena sinar matahari dapat masuk ketika siang hari. Kemudian juga akan membantu Anda untuk mendapatkan udara bersih yang segar ketika pagi hari.

Dengan fungsi utama ventilasi sebagai tempat pergantian udara rumah Anda, maka memasang ventilasi menjadi hal yang wajib dilakukan. Udara yang ada di dalam rumah tentunya harus di gantikan dengan udara yang berada di luar rumah yang lebih segar. Apabila sirkulasi ini terganggu atau bahkan tidak adanya pergantian udara di dalam dan di luar rumah Anda, maka rumah akan menjadi pengap dan kurang nyaman untuk ditempati. Keadaan pengap ini, apabila terjadi secara terus menerus akan membuat kesehatan Anda dan keluarga terganggu.

Mengingat sangat pentingnya kegunaan dari ventilasi, maka sebaiknya setiap rumah dengan desain apapun harus memiliki ventilasi yang akan membuat rumah menjadi lebih sehat dan nyaman untuk di huni. Apabila Anda adalah pemilik rumah minimalis atau yang sedang ingin mendesain rumah minimalis, banyak pilihan ventilasi untuk rumah minimalis yang bisa dipilih sesuai dengan konsep rumah yang dibuat. Kesesuaian antara ventilasi dengan konsep rumah juga penting untuk menciptakan harmonisasi rumah untuk Anda beserta keluarga.

Beberapa model ventilasi rumah minimalis yang dapat Anda terapkan adalah model ventilasi yang terbuat dari potongan-potongan kayu yang disusun dengan renggang untuk kesan klasik. Dapat pula diganti dengan bahan besi apabila Anda memiliki rumah dengan nuansa modern yang kental. Selain itu, ventilasi berupa jendela memanjang ke bawah juga cocok untuk model rumah yang berkesan lebih luas. Tidak perlu terlalu besar dengan model jendela memanjang ini agar Nampak lebih luas pada rumah Anda. Pilihan lain adalah dengan memasang ventilasi berukuran kecil diatas pintu utama rumah Anda sehingga ketika siang hari, ruang tamu akan lebih terang tanpa harus menyalakan lampu. 

Memilih Model Ventilasi Rumah Minimalis
Memilih Model Ventilasi Rumah Minimalis (sumber : decoist.com)

Memilih Model Ventilasi Rumah Minimalis
Memilih Model Ventilasi Rumah Minimalis : inhabitat.com)

Memilih Model Ventilasi Rumah Minimalis
Memilih Model Ventilasi Rumah Minimalis (sumber zeospot.com)

Dengan berbagai model ventilasi yang dapat diterapkan dirumah minimalis, ventilasi ini dapat dipercantik dengan menggunakan cat warna yang mampu memberi kesan menawan pada hunian Anda. Cocokan pula warna cat untuk ventilasi dengan warna keseluruhan rumah Anda. Untuk memberikan kesan alami dan kalem pada rumah, Anda bisa menggunakan cat warna yang natural. Sedangkan bagi Anda yang lebih memilih kesan segar dan muda maka bisa menggunakan cat warna cerah. Dan jangan lupakan pula, bila Anda menggunakan ventilasi berbahan dasar kayu untuk menambahkan cat plitur untuk menjaga keawetan cat warnanya.

Anda juga dapat memilih ventilasi berukuran besar, seperti jendela. Namun untuk tetap mendapatkan fungsi dari ventilasi dan memoeroleh keamanannya Anda dapat menggunakan teralis besi pada jendela rumah. Cara ini akan dapat meminimalisir kejahatan pada rumah Anda. Teralis besi untuk jendela dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga rumah tetap aman ketika ditinggal bepergian. Dengan banyaknya pilihan model ventilasi, kini Anda tidak perlu bingung untuk memilih model ventilasi. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan konsep agar rumah tampak harmonis.

Related Posts

Memilih Model Ventilasi Rumah Minimalis
4/ 5
Oleh