Tips Mendesain Carport Minimalis Dari Beton

Desainrumahku.net - Apabila Anda bosan denah  model carport rumah yang umum digunakan, maka memilih carport berbahan dasar beton bisa digunakan. Bahan ini akan cocok dengan desain rumah minimalis Anda. Beton pada carport di samping rumah akan mengesankan rumah yang kokoh dan berkelas. Belum banyak orang yang menggunakan bahan carport, mungkin karena harganya yang relative lebih mahal. Namun demikian harga juga berbanding lurus dengan manfaat yang akan Anda dapatkan.

Membuah carport berbahan dasar beton akan memudahkan Anda untuk memadupadankan dengan berbagai jenis bahan lain. Sehingga keluaran dari desain rumah akan lebih unik dan menarik. Gambaran bahan lain yang akan cocok untuk dipadukan dengan beton adalah kayu, kaca serta beton kayu dan logam dalam satu desain. Berikut adalah beberapa rancangan untuk rumah dengan carport beton beserta bahan penunjangnya.
Tips Mendesain Carport Minimalis Dari Beton
Tips Mendesain Carport Minimalis Dari Beton (Sumber : ideaonline.co.id)

Yang pertama adalah memadukan carport berbahan dasar beton dengan kaca. Carport jenis ini akan memberikan kesan yang kuat bagi rumah minimalis Anda. Mendesain carport dibagian depan rumah dengan bahan beton dan kaca akan membuat rumah semakin terlihat mahal. Kedua bahan ini akan mengacu pada konsep rumah minimalis modern. Anda dapat juga memberikan kesan klasik dengan pengecatan beton warna abu-abu, putih atau hitam dengan dipadukan kaca. Kaca tidak akan memberikan kesan yang terlalu berat sehingga rumah menjadi penuh. Kaca akan memberikan kesan simple namun elegan karena adanya pencahayaan alami dari matahari ataupun lampu yang dipantulkan melalui kaca. Buatlah carport dengan pola konstruksi kantilever atau menggantung. Maksudnya adalah perpaduan antara penyangga dari beton yang kuat dengan bagian atapnya menggunakan kaca.

Tips Mendesain Carport Minimalis Dari Beton
Tips Mendesain Carport Minimalis Dari Beton (Sumber : staticflickr.com)

Kedua adalah perpaduan antara beton dengan kayu untuk memberikan carport dengan kesan yang natural minimalis. Tentunya desain ini harus diselaraskan dengan keseluruhan desain rumah Anda. Karena sifatnya hanya sebagai pendukung dari keseluruhan bentuk rumah impian Anda. Pembuatan carport dengan perpaduan beton dan kayu dapat Anda mulai dengan membuat atap dan penyangga berbahan beton, lalu menutup bagian atapnya dengan kayu agar nampak lebih natural. Perpaduan tersebut akan terlihat semakin hidup apabila Anda menambahkan cat warna yang sesuai dengan masing – masing bahan seperti cokelat plitur untuk atap kayu dan abu – abu untuk penyangga carport Anda. kedua warna ini akan mengesankan tampilan yang gagah berkelas. Bila Anda masih kurang puas, bisa menambahkan lampu untuk memberi efek pencahayaan yang elegan. Namun Anda juga harus cermat dalam menempatkan posisi lampu agar hasilnya maksimal. 

Tips Mendesain Carport Minimalis Dari Beton
Tips Mendesain Carport Minimalis Dari Beton  (Sumber : rumahnews.com)

Terakhir adalah bahan beton yang dipadukan dengan logam dan kayu. Ketiga bahan ini dapat Anda padukan dengan cantik tanpa perlu takut kesan yang berlebihan. Semuanya tergantung kontruksi yang seimbang ataupun menonjol salah satunya. Hindari menonjolkan ketiga bahan sekaligus. Salah satu contohnya Anda dapat membuat tiang penyangga dengan beton yang ditambahkan sedikit lapisan kayu untuk mempermanis dan mengurangi kesan kaku. Selanjutnya untuk atap Anda dapat membuatnya dari logam berupa plat besi yang dirangka dengan kayu pula. Fungsi kayu pada atap untuk menunjang kekuatan atap dan memberi kesan elegan.
Ketiga perpaduan diatas dapat Anda terapkan dirumah minimalis dengan catatan perlunya penyesuaian antara bagian carport dengan bagian rumah lainnya. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun rumahminimalis modern beserta carport beton kombinasi.

Related Posts

Tips Mendesain Carport Minimalis Dari Beton
4/ 5
Oleh